Jumat, 15 April 2016
SECERCAH HARAPAN PADA MKURIKULUM 2013
SECERCAH HARAPAN PADA KURIKULUM 2013
Dengan pertimbangan logis dan yuridis tentunya dilakukan
oleh pemerintah Republik Indonesia,sebelum menggantikan Kurikulum Pendidikan
Formal dari KTSP menjadi Kurikulum 2013.jika kita perhatikan dengan
seksama,kita bandingkan antara kelebihan dan kekurangan masing-masing.tentu
kita jumpai disana sini,suatu contoh dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
( KTSP ) dimana ada tuntutan yang begitu besar terhadap guru,karena guru
dituntut untuk berpacu lebih kreatif,inovatif dan aktif dalam menyusun Silabus
dan Rencana Pembelajaran ( RPP ),guru harus mengetahui dengan jelas dan benar
langkah yang harus ditempuh,mulai dari memahami standar kompetensi,kompetensi
dasar, analisis materi ( bahan ajar ) mana yang sangat penting,penting ,kurang
penting,tidak penting, atau dengan bahasa lain materi mana yang mesti diketahui
oleh siswa ( Must know ),materi yang seharusnya diketahui ( should know
),materi yang sebaiknya diketahui ( nice to know ),
suatu langkah yang ditempuh oleh guru sebelum mereka membuat
dan menyusun silabus ,guru harus menganalisa yang disebut UKRK (
Urgensi,Konsistensi,Relevansi dan Keterpakaian ) mana materi yang didahulukan
dan yang dikemudiankan )setelah itu selesai guru juga harus menyusun dan
membuat indikator pencapaian dari tiap kompetensi dasar.yang pada akhirnya guru
membuat Rencana Pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan mata
pelajaran, disamping penyesuai an metode belajar atau strategy dan pendekatan
pembelajaran. semua pekerjaan itu harus dilakukan secara rutin oleh guru
,pekerjaan itu menyita banyak perhatian dan waktu.sebagai akibatnya ,bukan
tidak mungkin guru tidak dapat memberikan perhatian yang lebih banyak pada
pelaksanaan pembelajaran dikelas,memberikan perhatian penuh pada perhatian,kesulitan
dan kelemahan anak dalam mengikuti pelajaran dikelas.sebagai akibatnya prestasi
anak menurun,atau tidak tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri,atau dengan
kata lain proses pembelajaran tidak efektif.
Jika kita bandingkan dengan kurikulum 2013,yang lebih
menekankan pada proses pembelajaran dikelas,dengan pendekatan yang scintific (
ilmiah ) mengutamakan pembelajaran aktif,inovatif,komunikatif,karena silabus
dan buku pelajaran telas disusun oleh pemerintah,kita sangat berharap competensi
siswa kita akan meningkat secara kognitif,afektif dan psikomotorik. amin
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar