google-site-verification: google314e099c36007d9d.html

Kamis, 21 Januari 2016

Pendidikan membuat orang berkarakter

<!-- aplikasi pembelajaran -->


Orang yang berkarakter adalah orang yang mempunyai kepribadian  baik.orang berkarakter adalah orang yang mempunyai sipat mla seperti sipat jujur, kerja keras,disiplin.emphati,tenggang rasa.gigih,suka menolong orang lain,giat,tekun dan sebagainya.

Video Prof.Suyanto.Ph.D
Saya yakin setiap orang tua menginginkan anaknya mempunyai karakter baik atau disebut dengan istilah berkarakter mulia.berahlak mulia,berbudi pekerti. namun pertanyaannya adalah bagaimana cara atau sikap dan kegiatan yang harus dilakukan guru supaya seorang anak itu menjadi orang berkarakter baik.
Menyimak dan memperhatikan ucapan yang disampaikan oleh seorang pakar pendidikan aitu Prof.Suyanto.Ph.D ( guru besar Universitas Negeri Yogyakarta mengatakan bahwa Pendidikan membuat orang berkaraker, dalam bahasan yang beliau ungkapkan bahwa hal itu bisa terjadi apabila ada beberapa kiat yang harus dilakukan seperti adanya perubahan semangat revolusi mental  serta pendidikan harus terbuka karena aktivitas dari sosial masyarakat.
Mendiskusikan tentang maksud dari perubahan semangat  revolusi mental tentu hal ini mempokuskan pembicaraan pada ada perubahan sikat atau pola pikir masyarakat tentang menyikapi problematika  pendidikan,perubahan mind set harus ada pada semua orang seperti pemerintah sendiri harus memberikan perhatian serius dalam pembiayaan pengelolaan dan sumber daya manusia.para politikus juga tidak hana memikirkan bagaimana menjadi seorang anggota DPR ataupun jabatan lainnya,tetapi lebih memfokuskan pada pembangunan dan pembinaan sumber daya manusia pendidikan.dengan bahasa lain setiap penyelenggara negara dan masyarakat harus menjadi orang yang educated minded bukan money minded atau position minded.
Menyikapi metode terbuka dari aktivitas sosial masyarakat maksudnya adalah masyarakat harus membuka diri memberikan dukungan dan bantuan material dan non material untuk mendukung pendidikan.
Pendidik dan tenaga kependidikan juga harus fokus secara serius menjalankan tugasnya secara profesional dengan sikap terbuka oftimis dan jujur berkomitmen pada mutu/kualitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar