Aktivitas Guru kelas dan belajar murid
Sementara mengajar adalah perilaku yang dapat diamati,
belajar bukan saja hanya dapat
disimpulkan secara tidak langsung dengan upaya untuk mengukur dan memantau
hasilnya dalam beberapa cara, sering dilakukan dengan mencari untuk mengukur
perubahan dalam hasil tertentu selama periode waktu tertentu. Selain itu,
hubungan antara pengajaran dan pembelajaran mungkin berbeda untuk peserta didik
yang berbeda. Sebagai mana halnya yang pernah diamati oleh Sammons mrnyatakan
bahwa :. bahkan ketika murid berbagi guru yang sama dan lingkungan kelas yang berbeda maka pengalaman kelas mereka untuk belajar sering berbeda disebabkan karena cakupan yang berbeda
pada kurikulum, harapan atau tujuan yang
akan dicapai disamping adanya perbedaan
dalam pengelolaan kelas .(Sammons 1998: 57)
Tulisan ini disarikan dan dikompilasi dari buku yang berjudul PROFESSIONAL LEARNING
Sejumlah besar sumber sudah mensintesis penelitian tentang
pengajaran yang efektif (Light dan Smith 1971; Bloom 1976; Kaca 1977; Gage
1978; Brophy dan Baik 1986; Walberg 1986; Wittrock 1986). Selain penelitian
yang luas pada perilaku mengajar, banyak yang telah ditulis tentang
keterampilan mengajar yang efektif (Perrott 1982; Wragg 1984; Calderhead 1986;
Clark dan Peterson 1986). Studi ini mencatat bagaimana efektivitas guru di
kelas tampaknya tergantung pada seberapa baik guru memodifikasi dan mengubah strategi
mereka sebagai pelajaran .
The Hay McBer (2000) melaporkan, Penelitian Guru yang
terkait dengan Efektivitas pengajaran , Penekankan peran guru dalam menciptakan
iklim kelas yang positif. iklim kelas didefinisikan dengan mengukur persepsi
kolektif murid mengenai dimensi-dimensi dari lingkungan kelas yang memiliki
dampak langsung pada kapasitas dan motivasi belajar mereka. Laporan ini
mengidentifikasi tiga faktor yang sangat signifikan untuk memaksimalkan
kesempatan belajar murid: kurangnya gangguan; dorongan untuk terlibat; dan
harapan yang tinggi. Meskipun kritik atas dasar metodologis dan teoritis, perlu
dicatat bahwa kesimpulan utama dari studi Hay McBer yang sesuai dengan banyak
literatur sebelumnya di bidang efektivitas guru
Sebaliknya, Stoll dan Fink (1996) meninjau studi tentang
karakteristik sekolah efektif dan menyoroti empat aspek yang mendapat perhatian seperti kurangnya
perhatian terhadap kepemimpinan yang tidak
focus,terjadinya hubungan disfungsional
dengan staf disamping terjadinya praktek kelas yang tidak efektif.
Fraser mensintesis
penelitian tentang sekolah dan efektivitas mengajar dengan fokus khusus pada
kurikulum dan lingkungan kelas variabel, meskipun terbatas kuantitatif, studi
empiris, menyimpulkan bahwa tidak ada faktor tunggal yang cukup (atau memiliki dampak pada siswa
belajar dengan sendirinya) melainkan bahwa kombinasi dari faktor harus
dioptimalkan untuk meningkatkan pembelajaran yang diukur dengan keuntungan
kognitif.
Teachers Matter Connecting Lives, Work and Effectiveness Day, Sammons, Stobart, Kington and GuTeachers Matter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar